My Personal Interest

Membuat Server Virtual dari Server Fisik

Saya yakin Anda sudah banyak mendengar tentang virtualisasi. Di mana pun Anda bekerja, saya yakin Anda juga ingin menggunakan manfaat lingkup tervirtualisasi dan terutama manfaat virtualisasi Hyper-V. Di tulisan ini saya akan menjelaskan cara mengubah server fisik Anda menjadi server virtual Hyper-V (P2V), teruslah membaca dan saya akan memberi tahu bagaimana caranya agar  Anda dapat dengan mudah menyelesaikannya hanya dalam hitungan menit!


Ada beberapa langkah untuk proses ini, tetapi saya akan menjelaskan tentang cara termudah dan paling nyaman untuk membuat VM untuk platform Hyper-V Anda. Saya berasumsi Anda memiliki server Hyper-V aktif dan berjalan. Jika tidak, harap baca panduan ini terlebih dahulu.

Sebagai catatan, saya tidak merekomendasikan server aktif yang berfungsi sebagai DC (Domain Controller) untuk dijadikan VM, lebih baik untuk membuat DC dari awal agar bisa menggunakan Geenerasi 2 dari Hyper-V yang mempunyai beberapa kelebihan tersendiri.

Konversi Server Fisik ke Image VMware

P2V Convertion, atau dalam bahasa mudahnya Physical to Virtual yang mana tujuan kita dari awal adalah mengkonversikan server fisik ke server virtual di Hyper-V. Oh, iya dalam skenario ini server lama saya masih berbasis Windows Server 2003 sedangkan Host Hyper-V saya berjalan di Windows Server 2008 R2, maka perlu di convert dahulu ke image disk VMware baru bisa ke Hyper-V berikut langkahnya;

1. Download dan Install VMware vCenter Converter Standalone di Host Hyper-V, pada saat tulisan ini dibuat v.6.2.0 
https://my.vmware.com/en/web/vmware/info/slug/infrastructure_operations_management/vmware_vcenter_converter_standalone/6_2_0
2. Jalankan softwarenya lalu pilih Convert Machine

3. Pastikan pilih Remote Machine (A) dan masukkan IP address dan loginnya (B) dari server yang akan di konversi ke VM.

 4. Pilih Destination Type ke Workstation (A), VMware Product ke 11.x/12.x (B), VM Details (C) biasanya akan terisi otomatis dari proses sebelumnya, Select location for VM (D) ini adalah lokasi share di Host Hyper-V dan jika belum ada buatlah satu folder dan aktifkan opsi share, Enter Credential (E) di isi akses login dari Host Hyper-V, jangan tertukar dengan login dari point 3.


5. Pastikan parameter sudah sesuai dan lanjutkan ke proses berikutnya.


6. Pada langkah ini kita sudah selesai mengkonversi dari server fisik ke image VMware.


Konversi disk image dari VMware ke Hyper-V


1. Download dan Install Microsoft Virtual Machine Converter dari sini
https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=42497
2. Buka Windows Powershell dan eksekusi perintah sbb

2.1. Import modul MVMC dengan perintah
Import-Module "C:\Program Files\Microsoft Virtual Machine Converter\MvmcCmdlet.psd1"

2.2. lakukan konversi file vmdk ke vhdx dengan perintah
ConvertTo-MvmcVirtualHardDisk -SourceLiteralPath D:\nama_folder\nama_file.vmdk -VhdType DynamicHardDisk -VhdFormat vhdx -destination D:\Hyper-V

Sampai disini kini kita sudah mempunyai file image yang kompatibel dengan Hyper-V dan siap di load kedalam host Hyper-V.

3. Buat mesin virtual baru dan beri nama sesuai selera


4. Pilih Gen yang sesuai, karena saya masih menggunakan mesin lama pada server aslinya dan belum menggunakan UEFI pada BIOSnya maka hanya bisa menggunakan GEN 1, jika server asli anda sudah menggunakan BIOS UEFI pilih GEN 2.


5. Pilih Start Up memory, disini saya menggunakan 4096 (4GB), usahakan nilainya seper-empat dari kapasitas total ram yang tersedia pada Host Hyper-V.


6. Pilih virtual network card yang dimiliki oleh Host Hyper-V.


7. Pilih hasil File dari proses pada point (2.2)

8. Pastikan kembali parameter sebelum ke langkah selanjutnya.


9. Jalankan VM tersebut dan selesai, pada tahap ini selesai sudah proses migrasi dari server fisik ke virtual.


Saya berharap tulisan ini berguna dan bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tambahkan pada kolom komentar, nantikan tutorial selanjutnya!
Share:

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Paling banyak dilihat