My Personal Interest

Cara meng-install Armbian Linux di STB HG680 & Pi-hole

Setelah bertahan selama 2 tahun memakai adblock di lede yang berbasis OpenWRT maka akhirnya saya menemukan device yang cukup murah agar bisa dipasangkan tool blocking ads yaitu Pi-hole. Pi-hole membatasi akses dari sisi DNS alias langsung di jaringannya, berbeda dengan adblock yang berbasis aplikasi.

Sebelum menginstall Pi-hole yang mana tujuan kita sebenarnya, maka perlu dipersiapkan dahulu hardware yang menjadi fondasi Pi-hole ini yaitu linux, dan karena saya memakai STB HG680 yang memakai SOC arm s905 maka kita bisa menginstall armbian di STB ini.

Berikut langkah²nya
1. Download image Armbian 5.90 di http://bit.ly/2Nm7ZHz

2. Download aplikasi Win32DiskImager di http://bit.ly/2NpsCm9
3. Siapkan UFD/sdcard di PC dan tulis image tadi dengan aplikasi Wind32DiskImager, jika setelah selesai ada notifikasi disk not recognized jangan di format karena partisi UFD/sdcard sudah menggunakan partisi type linux yang tidak dikenal windows.


4. Setelah selesai maka kita sudah mempunyai install armbian untuk kita pasang di STB, pasang UFD pada slot USB no.1 atau sdcard pada slot yang tersedia (silahkan sesuaikan dengan media yang anda punya).

5. Nyalakan STB, sambungkan keyboard ke USB dan TV via HDMI dan tunggu hingga selesai loading masuk ke home screen STB.

6. Gunakan terminal emulator dari STB dan ketikkan reboot update

7. STB akan otomatis reboot dan melakukan booting melalui media yang kita sudah siapkan pada point 3.

8. Jika berhasil booting ke media, maka system akan langsung meminta password default yaitu: 1234, ketikkan saja password ini lalu enter. Di linux password tidak akan terketik karakter *-nya, namun tetap terinput. Dan pada saat itu juga maka akan diminta langsung mengganti password, silahkan ganti sesuai dengan keinginan anda.


Selesai sudah menginstall Armbian Linux di device STB HG680, langkah selanjutnya maka kita akan menginstall Pi-hole di STB yang sama. Langkahnya cukup mudah namun kita perlu menginstall beberapa library dahulu agar prosesnya berjalan lancar.

1. Install nano
apt-get install nano 
2. Install Curl
apt-get install curl 
3. Install Pi-hole
curl -sSL https://install.pi-hole.net | bash 
4.Selesai, tinggal rubah opsi DNS di DHCP server menjadi alamat IP Pi-hole dan nikmati jaringan bebas iklan dan bandwitdh lebih hemat.


Share:

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Paling banyak dilihat