My Personal Interest

Roaming di Malaysia dengan Smartfren

Bagi kalian yang pernah traveling khususnya ke luar negeri tentunya salah satu item yang harus diperlukan adalah komunikasi baik itu dengan teman seperjalanan maupun dengan kerabat di tanah air. Nah kali ini saya akan berbagi pengalaman bepergian ke Malaysia dengan menggunakan kartu 4G dari Smartfren yang lagi gencar berpromosi dengan BA Atta Halilintar. 
Sebagai informasi karena kita menggunakan kartu dari Indonesia maka untuk menggunakan layanan kartu Smartfren ini perlu mengaktifkan fitur roaming agar dapat digunakan di luar negri. Caranya sebenarnya banyak diantaranya 
  1. Galery Smartfren
  2. aplikasi MySmartfren (install via Google Play / Apple Store)
  3. web my.smartfren.com
  4. atau *128# 
dari ke-empat cara tersebut saya menggunakan point ke-4 yang paling mudah nanti akan ada panduan untuk memilih mengaktifkan fiturnya di layar ponsel kalian.


Nah jika fitur roaming di kartu Smartfren kalian sudah aktif maka langkah selanjutnya adalah merencanakan paket mana yang akan kalian beli di tempat tujuan, kalau saya memilih yang paket 50 ribu Rupiah untuk 1GB data. Dari info yang dapat dipercaya kartu perdana Smartfren yang baru sudah dapat mengaktifkan fitur ini dari ponsel langsung, kecuali jika kartu Smartfren anda masih menggunakan chip lama maka harus datang ke galery untuk menggantinya dengan yang baru.

Jangan lupa untuk topup pulsa dulu dan untuk pengaktifan paket roamingnya ketika kita sudah tiba di negara tujuan, nah pastikan anda menghubungkan alamat e-mail ke nomor Smartfren anda sebelumnya pada aplikasi MySmartfren agar login via e-mail untuk menghindari charge data yang dibebankan ke pulsa anda. Info lengkap langsung cus kesini.


Nah ketika tiba di bandara Senai Johor Baru saya langsung menghubungkan ponsel saya ke WiFi gratis yang tersedia di bandara tersebut dan langsung mengaktifkan paket roaming via aplikasi MySmartfren, tidak pakai lama dibawah 1 menit saya langsung mendapatkan notifikasi paket roaming saya sudah aktif dengan roaming pada jaringan My Matrix Malaysia.






Untuk harga paket seperti ini terbilang sangat cukup untuk keperluan WhatsApp, Grab, IG dan sesekali googling tempat wisata. Kalau saya untuk keperluan heavy internet dapat menggunakan WiFi dari hotel yang memang lumayan kencang dan dalam rangka menghemat quota.

Selama berada di Malaysia saya tidak menemukan kendala dalam menggunakan fitur roaming dari Smartfren, semua lancar dan puas walau pada 1-2 spot high-way perlu enable-disable Airplane mode untuk memancing sinyal My Matrix.



Dan ketika hari terakhir saya bertamasya ke Malaysia quota yang tersisa masih sekitar 300Mb-an dari total 1GB yang tersedia, terima kasih Smartfren atas fiturnya. Semoga kedepannya pengaktifan roaming dapat dilakukan pada hari H sebelum keberangkatan agar mempermudah tidak perlu cari WiFi gratis di bandara lagi 😉
Share:

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Paling banyak dilihat