My Personal Interest

ASUS VivoBook Ultra A412, mencari pengganti ASUS VivoBook S200

ASUS Vivobook Ultra A412, mencari pengganti ASUS VivoBook S200 - Laptop pada masa sekarang ini adalah barang yang lumrah dan biasa dimiliki setiap keluarga, selain bentuknya yang ringkas juga mempunyai fungsi full seperti computer desktop yang lebih dahulu terkenal pada masanya. Dalam membeli laptop sebenarnya tidak susah dalam menentukan pilihan, utamanya tentu dari budget lalu dari segi spesifikasi dan fitur yang dimiliki tentunya design yang stylish tentunya memberi nilai tambah. Terakhir tinggal memilih brand yang sesuai dengan minat kita dan tentunya after salesnya yang bagus, percuma dong kalau tiba-tiba laptop kita bermasalah tanpa tahu mesti kemana akan di service atau tidak adanya dukungan spare part pengganti.
 
Spesifikasi Ultra dengan harga hemat

Dari sedikit petunjuk diatas tentunya saya sudah mendapatkan petunjuk apa yang kira-kira cocok untuk menggantikan laptop lama saya ASUS VivoBook S200 yang sudah berumur 5 tahun dan memang tampaknya perlu di upgrade karena sudah mulai ngos-ngosan untuk dipakai dengan kebutuhan editing video di Filmora maupun untuk dipakai sebagai workhorse sehari-hari. Setelah beberapa saat hunting dan membandingkan dari beberapa fitur serta plus dan minusnya tentu pilihan saya tetap pada merk ASUS namun dengan tipe menengah yang terbaru yaitu ASUS VivoBook A412. Type ini sengaja saya pilih karena processornya sudah memakai AMD, tersedia opsi mulai dari AMD 300U sampai yang tertinggi yaitu Ryzen 3700 yang mana pada versi desktop yang saya miliki juga memakai processor dari AMD Ryzen 2200G dengan built-in vga dan sudah merasakan sangat cukup dan puas untuk performa editing video software yang biasa saya pakai. Nah berikut spesifkasi dari laptop ini sebelum saya bercerita lebih lanjut;

Main Spec.
ASUS VivoBook Ultra A412DA
CPU
AMD® Ryzen™ 7 3700U Processor
AMD® Ryzen™ 5 3500U Processor
AMD® Ryzen™ 3 3200U Processor
Operating System
Windows 10 Home – Windows 10 Pro recomended
Memory
4GB DDR4 RAM – 1 free slot available (total 16GB)
Storage
256GB M.2 PCIe Gen3 NVME SSD – 1 free slot available 2.5’
Display
14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare, NTSC 45%
Graphics
Radeon Vega 8 - Radeon RX 540X
Input/Output
1x USB 3.1 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.1 (Gen1) Type-A, 1x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI, 1x Audio Jack
Camera
HD Web Camera 720p
Connectivity
Dual-band 802.11ac Wi-Fi (2x2), Bluetooth 4.2
Audio
Sonic Master audio, Array Microphone
Battery
37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion Battery
Dimension
32.2(W) x 21.2(D) x 1.90 ~ 1.95 (H) cm
Weight
1.5Kg
Colors
Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, Coral Crush
Price
Start from Rp6.599.000
Warranty
1 tahun garansi

Dengan melihat spesifikasi diatas tentunya sudah cukup bagi saya untuk menentukan bahwa laptop tipe ini merupakan yang paling pas untuk menggantikan ASUS UltraBook VivoBook S200 yang telah saya pakai lebih dari 5 tahun, dengan berbagai pertimbangan mulai dari spesifikasi-fitur-harga-performa. Dan sebagai saran juga untuk kalian yang ingin membeli laptop baru, pastikan storagenya harus menggunakan SSD sebesar 256GB untuk system dan tambah lagi storage HDD Sata 1GB untuk penyimpanan data, karena jika laptop baru tetap hanya menggunakan HDD biasa maka bisa dipastikan performanya tidak akan optimal. Selain itu yang juga perlu diingat bahwa semua laptop ASUS mulai dari tahun 2019 sudah memiliki pre-installed Windows 10 yang resmi, jadi jangan sampai salah membeli laptop yang belum ada operating systemnya agar laptop kita terlindungi garansi resmi distributor ASUS di Indonesia. 


Fitur & Design Premium terkini

Oke kembali lagi ke fitur dulu ya, salah satu fitur pada laptop ASUS VivoBook A412 adalah finger print untuk mengakses Windows 10 yang tergabung dalam Windows Hello, nah ini merupakan fitur baru yang ada di Windows 10 dan laptop ini sudah mendukungnya. Jadi kita bisa login dengan menggunakan password user local, password live.com, finger print maupun dari face recognition muka kita. Canggih kan!? bukan hanya smartphone dari ASUS saja sekarang yang bisa login dengan finger print dan face unlock, laptopnya-pun juga sudah bisa melakukan hal yang sama sehingga hanya kita yang dapat mengakses data-data di laptop. Tentunya dengan segudang fitur terbaru tersebut tidak heran jika ASUS memperoleh berbagai penghargaan sepanjang tahun 2018 termasuk Forbes’ Global 2000 Top Regarded Companies, Thomson Reuters’ Top 100 Global Tech Leaders, dan Fortune’s World’s Most Admired Companies.

ASUS VivoBook Ultra A412 ini bukan sembarang ultrabook. Laptop ini telah dilengkapi dengan beragam fitur premium seperti NanoEdge Display, yaitu teknologi eksklusif yang membuat bezel pada layar VivoBook Ultra A412 tampil dengan ukuran hanya 5,7mm. Berkat bezel yang tipis, dimensi bodi VivoBook Ultra A412 secara keseluruhan dapat diperkecil serta dapat menghadirkan screen-to-body ratio hingga 83 persen. Fitur premium lainnya adalah ErgoLift Design, yaitu mekanisme khusus yang membuat bagian bodi utama VivoBook Ultra A412 terangkat dan membentuk sudut dua derajat. Berkat ErgoLift Design, posisi keyboard saat VivoBook Ultra A412 digunakan menjadi lebih ergonomis dan nyaman digunakan.

ErgoLift Design juga membuat sistem pendingin di VivoBook Ultra A412 dapat bekerja lebih optimal. Saat ultrabook ini digunakan, bodinya akan sedikit terangkat sehingga membentuk rongga yang dapat memperlancar sirkulasi udara pada sistem pendinginan. Dengan sistem pendingin yang lebih baik, hardware di dalam ultrabook ini dapat bekerja lebih optimal. Perlu diperhatikan juga saat hinge ini terangkat maka posisi keyboard-pun akan terangkat setidaknya membuat lebih nyaman dalam posisi mengetik keyboard menurut saya.

Laptop ultra portable ini semestinya cocok untuk kawula muda yang enerjik dan karena saking kecilnya dalam bingkai 13 inchi memuat layar 14 inchi sehingga dapat kita beri gelar The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook. Ini terlihat dari pilihan warnanya yang beragam, yaitu Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, Coral Crush. Namun untuk mempermudah jika berbelanja di toko online sebutkan saja warna dasar yang kita inginkan agar sellernya paham karena tidak semua seller dapat menghafal pilihan warna yang tertulis seperti diatas ini. 


Kesimpulan laptop murah bukan murahan

Pada awal tahun hingga setelah pertengahan tahun 2019 ini sebenarnya banyak laptop yang di keluarkan oleh ASUS mulai dari seri low-end hingga laptop gaming namun di pertengahan segment ini ASUS nampakanya berhasil membidik pasar yang lebih luas dengan membuat pangsa pasar yang tadinya berniat membeli laptop low-end melirik type VivoBook A412 dengan sedikit usaha untuk menabung sehingga mendapatkan laptop yang up-to-date dapat dipakai untuk 5 tahun kedepan seperti saya. Walau tidak ada blink-blink macam RGB namun type ini adalah yang terbagus sesuai dengan rentang harga pasaran dibanding pesaingnya, dan tentu saja dukungan after sales atau masa garansi dari ASUS yang menyediakan service centre di seluruh Indonesia merupakan nilai plus bagi saya.
Untuk link produk laptop Ultrabook ASUS VivoBook A412 ini bisa kalian lihat sendiri di link berikut.
Share:

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Paling banyak dilihat