My Personal Interest

Backup Disk dengan O&O DiskImage 12 Server

Backup data adalah salah satu hal terpenting bagi yang mempunyai kepentingan dalam pemrosesan data, dapat dilakukan secara manual maupun berkala juga otomatis. Kini hal tersebut dapat mudah dilakukan dengan bantuan software seperti dari perusahaan O&O yang mempunyai salah satu produk unggulannya yaitu O&O DiskImage 12 Server. Juga tersedia untuk platform desktop namun kali ini saya akan membahas produknya yang untuk corporate solutions dan dapat dilihat pada tautan berikut.

Pemakaian software ini cukup mudah yang terdiri dari mode express-manual dan one click backup, nah kali ini saya akan menjelaskan pemakaiannya secara manual agar kita lebih tahu apa saja fitur yang ditawarkan oleh software ini.

Saat pertama dijalankan softrware ini akan menanyakan apa yang akan kita lakukan, berikut gambarnya

Pada langkah ini saya akan memilih Start Drive Imaging untuk memulai proses backup data dari system yang saya gunakan. Setelah itu lanjut ke pemilihan Disk keseluruhan atau hanya beberapa partisi saja yang ingin di backup, saya memilih hanya 2 partisi yaitu System Reserved dan Drive C.


Ketika sudah yakin partisi mana saja yang akan di backup maka dilanjutkan dengan Start drive imaging dan aplikasi ini akan memulai prosesnya.


Ditunggu hingga selesai maka proses backup yang kita inginkan sudah selesai dan sewaktu-waktu dapat kita Restore dengan mudah jika terjadi hal yang tidak diinginkan.


Cukup mudah bukan? Dengan software ini backup system partisi maupun disk secara keseluruhan lebih mudah tanpa hambatan, juga bisa kita gunakan untuk cloning hard disk jika kita mempunyai disk drive yang baru ataupun SSD yang lebih kencang dengan memilih opsi Cloning pada halaman pertama.

Dan yang perlu dicatat adalah hasil backup file system saya hanya sekitar 2GB dari keseluruhan system yang mencapai 42GB, cukup hemat dan bagus menurut saya.


Share:

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Paling banyak dilihat