My Personal Interest

Membersihkan Track dengan Mudah dan Murah

Apapun skala dari hobby miniatur kereta yang anda tekuni, salah satu masalah yang sering ditemui adalah korosi atau kotoran yang menempel di track atau lintasan yang dipakai oleh lokomotif dimana sumber powernya berasal dari kontroller yang disebarkan melalui track. Nah jika track terdapat bercak atau kotor maka loko akan tersendat-sendat jalannya dan kenikmatan bermain miniatur akan terganggu.


Penyebab kotornya track ini karena kita yang tinggal di negara tropis mempunyai suhu yang lembab makanya bahan track yang bersifat konduktor dengan listrik menjadi lebih cepat kotor/korosi, lain halnya jika di negara asalnya yang mempunyai iklim lebih rendah tidak mudah kotor karena kelebaman udara.

Ini juga yang saya sering alami, walaupun track yang hanya disimpan didalam box dan masih tersegel dalam packing aslinya pun tidak terhindar dari masalah ini.


Jika diamati secara seksama terdapat bercak atau kotoran yang menempel pada track merk Roco type Geoline ini, nah untuk membersihkannya anda dapat membeli track cleaning car seperti pada artikel ini atau membersihkannya secara manual dengan setip berwarna biru yang biasa kita kenal sebagai penghapus pulpen (walaupun salah kaprah juga hehe) namun hasilnya efektif membersihkan tanpa menggores permukaan track dan kembali seperti baru. Kekurangan menggunakan metode ini adalah residu dari penghapus tersebut akan bertebaran di layout namun jika masih baru tidak masalah.


Bagaimana tipsnya, semoga bermanfaat dan dapat menghemat kebutuhan track cleaner untuk hal lain.
Share:

No comments:

Post a Comment

Paling banyak dilihat

Markah

Asus (59) android (46) FAQ (4) Cisco (3) OpenWRT (2) Backup (1) LUCI (1)

Markah

Arsip

Terkini