My Personal Interest

[Review] Asus VivoBook Max X441UV, laptop multimedia dengan Intel Skylake

Kali ini saya mendapat pinjaman sebuah notebook anyar dari Asus yaitu seri VivoBook Max X441 dan kebetulan unit yang kami terima adalah seri yang tertinggi di seri VivoBook Max dengan VGA terintegrasi dari NVidia GT920MX. Laptop ini dirancang untuk memberikan pengalaman multimedia secara menyeluruh, dengan teknologi Asus SonicMaster untuk kejernihan suara, Asus Splendid untuk tampilan yang lebih memukau pada layar, ICEpower untuk menjaga kenyamanan penggunaan secara kontinu serta Asus Tru2Life Video yang mampu membuat film dan music lebih hidup. Ditenagai dengan Intel Core i3-6006U menjadikan laptop ini hemat baterai namun dengan kemampuan multitasking yang memadai untuk penggunaan multimedia anda. Dukungan 4GB ram mampu melayani semua task multimedia yang kami jalankan seperti streaming video baik melalui browser maupun memakai aplikasi favorit Kodi 17.1 yang menyajikan film terbaru yang dibagikan komunitas.



Dalam kemasan packing box coklat yang kami terima terdapat laptop, charger, driver dan manual serta warranty, tidak ada aksesoris maupun bonus tambahan mengingat laptop ini seri multimedia ada baiknya Asus memberikan bonus VR, headphone ataupun earphone sebagai nilai tambah.




Design & Fitur

Asus menggunakan alumunium bermotif pada bagian belakang layar seperti yang digunakan pada smartphonenya agar tampil mewah dan tentunya tahan lama, walaupun mempunyai bidang layar 14” namun laptop ini ringan dan hanya mempunyai bobot 1.8KG. Saat lid dibuka mata kami langsung tertuju pada dua buah lubang speaker yang menggunakan teknologi Asus SonicMaster, dan untuk tombol powernya menyatu dalam jajaran keyboard yang memunyai travel distance 2.3mm. Terus terang penempatan tombol power menyatu kurang nyaman bagi kami, terutama ketika melakukan pengeditan terutama pada tombol DEL yang bersebelahan dengan tombol power.  Mungkin Asus punya alasan tersendiri menempatkan tombol power jadi satu seperti ketika laptop dinyalakan dan ingin menggunakan tombol DEL agar lebih dekat. Untuk kualitas suara yang dihasilkan tergolong jernih dan baik, lebih ditujukan untuk mendengarkan suara manusia terutama saat pemutaran video/film. Laptop ini dilengkapi dengan DVDRW internal untuk mendukung pemutaran cakram media disebelah kanan yang juga bersebelahan dengan kengsinton lock, untuk port semuanya diletakkan di sebelah kiri laptop (dari ki-ka: power port, LAN , VGA, exhaust grill, USB C, HDMI, USB 3.0 dan audio jack. Ada baiknya pada sisi kanan disertakan port USB 1 buah untuk menyambungkan mouse kabel untuk kenyamanan, namun dengan adanya Bluetooth adapter internal kami juga dapat menggunakan mouse Bluetooth v.4 dan proses pairing lancar terkendali walaupun laptop ini juga tepairing dengan Bluetooth gamepad dan Asus Zenfone 3 kami. 2 buah VGA terdapat pada laptop ini yaitu Intel Iris 520 dan NVidia GT920MX untuk mendukung hobby gaming casual, untuk memainkan Minecraft Windows 10 edition maupun Asphalt 8: Airborne. Dan fitur terakhir yang sering tidak dianggap terlalu penting adalah TPM 2.0 yang fungsinya untuk pengenalan software (berbasis cloud) terhadap hardware yang kita miliki.




Performa

Dengan menginstall Win 10 Pro dan semua aplikasi yang biasa kami gunakan sehari-hari seperti office, multimedia player dan game tidak ditemui kendala berarti saat penggunaannya, lag sesekali terjadi kala adanya software update yang terjadi di background maupun startup dari steam account dan NVidia experience yang cukup menguras resource dan suspect utama kami karena masih menggunakan HD konvensional 5400 rpm dan belum menggunakan SSD terkini. Untuk memainkan game Minecraft dari Store lancar tidak ada kendala maupun ketika bermain Asphalt 8: Airborne tidak sekalipun terjadi lag ketika memainkannya. Untuk batterynya pun cukup memadai dengan 36W cukup untuk penggunaan full 4-5 jam.

Benchmark

CPU-Z
Asus VivoMax X441UV menggunakan Intel Core i3 Skylake dengan teknologi processing 14nm dengan 2 core dan 4 threads




Passmark Rating (Performance Test 9)
Menghitung kemampuan computer dalam bidang CPU, 2D, 3D, Disk, dan memory. Benchmark ini mengkalkulasikan semuanya dan merangkum jadi satu dan membuat perbandingan system anda dengan system lain yang tergabung dalam database cloud.


Novabench
Menghitung kemampuan system dengan spesifik pada RAM, CPU, VGA dan Disk.


3D Mark 2016
Benchmark software yang paling dikenal oleh para gamer dan enthusiast, merepresentasikan kemampuan system anda dengan spesifik pada VGA.

Kesimpulan

Asus dan Intel menyajikan laptop multimedia yang lengkap dan mencakup fungsi dasar sehari-hari dengna fitur khas Asus yang menjadikan laptop ini nilai lebih bagi penggunanya, body yang besar tidak menjadi hambatan untuk memiliki laptop ini berkat bobotnya yang ringan dan termasuk ringan untuk dibawa menggunakan backpack (free backpack dalam setiap paket pembelian laptop). Pastikan anda memiliki laptop multimedia keluaran Asus ini jika multimedia dan casual gaming merupakan gaya anda (termasuk saya), software yang di sertakan juga lengkap namun pastikan anda hanya menggunakan system operasi 64 bit karena laptop ini memang di design demikian. Tidak lupa juga ASUS memberikan garansi 2 tahun untuk layanan purna jual yang menurut saya nilai plus. Untuk spesifikasi lebih lanjut silahkan mengunjungi tautan.

Penutup

Tulisan ini merupakan artikel yang ditulis untuk kompetisi blog ASUS dan Intel yang berkenaan memeriahkan event Indocomtech 2017, dan pada saat artikel ini dibuat tidak ada unsur royalti maupun pamrih. Saya ingin laptop ini karena laptop ASUS saya yang lama (seri vivobook x200) sudah tidak sanggup mengolah grafis dan konten yang dibutuhkan pada aplikasi tuntutan jaman.

#ASUSxIntel #ASUSLaptopKu #ASUSAja #Intel

Skor (4.2 of 5)
Design
☆☆☆☆
Performa
☆☆
Penggunaan
☆☆☆
Baterai
☆☆☆☆
After Sales
☆☆☆☆☆
Share:

2 comments:

Paling banyak dilihat

Markah

Asus (59) android (46) FAQ (4) Cisco (3) OpenWRT (2) Backup (1) LUCI (1)

Markah

Arsip

Terkini