My Personal Interest

Berkenalan dengan Skala Miniatur Kereta Model

Kali ini kita akan berkenalan dengan skala dari miniatur kereta model, karena yang pertama kali perlu diperhatikan selain budget, loko dan layout-nya adalah skala. Nah skala disini tergantung dari kebutuhan kita dan penempatan sebuah layout, jika anda mempunyai tempat yang lumayan luas skala HO (1/87) atau OO (1/76) biasanya paling ideal untuk didalam ruangan namun apabila tempat menjadi salah satu perhatian anda ada baiknya melirik skala N (1/160) yang bisa dikatakan menghemat ruang. Sebenarnya masih banyak skala lain namun yang paling banyak dimiliki oleh pe-hobby miniatur kereta di Indonesia adalah skala HO, OO, TT dan N sedangkan skala yang lainnya hanya seorang kolektor sejati yang biasanya memilikinya.

Oh iya, pertanyaan lainnya yang sering ditanyakan adalah apakah track yang dipakai akan sama? Jelas tidak karena skala yang satu dengan yang lainnya berbeda dan tentunya membutuhkan kelebaran yang sesuai dengan skalanya. Berikut perbandingan lebar track yang dibutuhkan dalam berbagai skala.
Jika anda seorang modeller, jangan lupa juga bahwa konversi skala berperan penting apalagi jika anda terbiasa dengan skala tertentu (HO misalnya) ketika model yang diinginkan tidak diproduksi oleh manufaktur kereta model maka mau tidak mau harus membuatnya secara manual dengan tingkat presisi yang cukup sulit. Maka dari itu berikut adalah tabel konversi berbagai skala untuk memudahkan perhitungan dalam membuat miniatur setidaknya agar mendekati skala layout yang kita miliki agar tidak timpang dan terlihat aneh.

Demikian artikel kali ini, semoga membawa pencerahan untuk rekan-rekan pe-hobby miniatur kereta model maupun yang lainnya.

Share:

2 comments:

  1. info yang menarik, kebetulan anak suka koleksi kereta api. salam. ayahbloggerdotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Have fun om, semoga kelak anaknya juga dapat menikmati kereta model sampai dewasa

      Delete

Paling banyak dilihat

Markah

Asus (59) android (46) FAQ (4) Cisco (3) OpenWRT (2) Backup (1) LUCI (1)

Markah

Arsip

Terkini