My Personal Interest

[Review] Xiaomi Mi 6, spek ajib kualitas selangit


Setelah sekian lama memegang dan me-review smartphone dari ASUS kali ini saya mendapat kesempatan untuk icip-icip salah satu flagship awal tahun 2017 dari brand Xiaomi yaitu seri Mi 6. Seperti diketahui sebelumnya bahwa brand Xiaomi dikenal dengan harga yang lebih murah dibanding pesaingnya namun mempunyai spesifikasi diatas harganya. Smartphone ini mempunyai luas layar 5.15 inchi Full HD dilapisi corning Gorilla Glass 4 dengan design unibody yang artinya baterai tidak dapat dilepas dengan mudah serta menggunakan bahan keramik pada bagian belakang, oh iya unit yang saya pegang kali ini berwarna hitam sedangkan dipasaran saat ini sudah ada yang berwarna pebble blue. 

Smartphone ini ditenagai oleh Snap Dragon 835 yang sangat kencang dalam penggunaan semua apps yang saya pasang mulai dari social media, chat, game dan aplikasi penunjang lainnya. Didukung oleh ram sebesar 6GB dan penyimpanan 128GB menjadikan smartphone ini sangat snap untuk berpindah antar apps maupun buka-tutup dari mode sleep. 


Design Xiaomi Mi 6 sangat nyaman digenggam dan posisi finger print berada di bagian depan yang sekaligus menjadi tombol home, bagian bawahnya terdapat port charging USB type-C dan lubang speaker. Sedang pada bagian belakang terdapat dual camera 12 MP (OIS 4-axis) dengan led flash dan sisi atas terdapat lubang mic plus tidak ketinggalan ciri khas xiaomi adalah infra merah untuk menggantikan fungsi remote dirumah seperti tv, AC dan lainnya. Dan sempat saya coba untuk TV dirumah berfungsi lancar untuk tv Samsung dan Sony, selain itu juga bisa sebagai remote android box, kipas, player, camera dan A/V receiver.

Setelah menggunakan beberapa hari untuk kualitas kameranya bisa dinilai sangat bagus, tidak perlu seting apapun langsung jepret dapat sesuai yang diinginkan, semetara di merk lain saya masih perlu untuk menseting tingkat cahaya dan ISO agar mendapatkan yang saya inginkan terutama di objek miniatur dan ikan.


Tidak ketinggalan saya juga menjajal kemampuan dari dual band WiFi dari Xiaomi Mi 6 ini, hasilnya cukup memuaskan untuk koneksi di 5Ghz maupun 2.4Ghz tidak ada drop sama sekali kecuali memang dari sumber internetnya yang mati. Saya juga test koneksi LTE dengan kartu XL lancar terkendali ketika memainkan game AOV maupun streaming konten dari YouTube.

Berikut hasil benchmark beberapa app via Play Store

Kesimpulan saya memakai smartphone Xiaomi Mi 6 puas sekali, dari sisi performa terutama lalu ke design dan fungsional tidak melelahkan ketika menggenggamnya karena tergolong ringkas untuk tangan saya yang berukuran agak besar. Idealnya saya menggenggam smartphone berukuran 5.5-6 inchi. Oh iya, Mi 6 sudah menggunakan OS android Noughat 7.1.1 dan rencananya akan mendapat update Oreo dalam waktu dekat, sekedar tambahan berikut ini adalah fitur standar pada Oreo;
  1. New Notifications Behavior
  2. Support for Picture-in-Picture Mode
  3. New Emojis
  4. Added Support for Adaptive Icons
  5. Includes Project Treble (for faster boot time and quick system upgrades)
  6. Improved WebView API.
  7. Multiple Display Support
  8. Improved Doze Mode


Sayangnya Mi 6 tidak dijual secara garansi resmi di Indonesia yang saat ini dipegang oleh Erafone, namun di import langsung oleh distributor lokal yang kebetulan Mi 6 yang saya pegang ini dari B-Cell. Dan satu lagi kekurangannya adalah besarnya kapasitas baterai yang menggunakan Li-Po 3350 mAh, namun tersedia fitur quick charging.


Skor (4.2 of 5)
Design
☆☆☆☆
Performa
☆☆
Penggunaan
☆☆☆
Baterai
☆☆☆☆
After Sales

Share:

2 comments:

  1. wah.. tapi harga 6 jutaan gini.. mikir2 juga mas belinya :D

    ReplyDelete
  2. Ya tukar guling saja dengan mbp nya mas hehe

    ReplyDelete

Paling banyak dilihat

Markah

Asus (59) android (46) FAQ (4) Cisco (3) OpenWRT (2) Backup (1) LUCI (1)

Markah

Arsip

Terkini