My Personal Interest

Bersih-bersih Akuarium

Yak, setelah hampir 3 minggu lebih air akuarium belum diganti kini saatnya diganti sekaligus mencukur tanaman didalamnya agar ikan dapat leluasa bermain dalam tank. Penggantian air biasanya saya lakukan setiap seminggu sekali disaat weekend hari sabtu pagi namun akhir-akhir ini kesibukan dan rasa malas mendera sehingga hampir 3 minggu airnya tidak diganti sehingga mengakibatkan ikan tidak seriang seperti biasanya.

Biasanya penggantian air saya lakukan setengah dari volume akuarium, pernah baca referensinya dari para pehobi ikan hias juga ya sekitar ini yang dianjurkan walau alasan pastinya saya kurang paham. Pertama untuk akuarium diruang tamu saya pangkas pohonnya dahulu dan bersihkan sisa potongannya lalu lakukan kuras air dan diisi kembali. Dan untuk akuarium yang diatas perlu kuras air hingga sampai sebatas ikannya bisa berenang karena memang posisinya di outdoor dan perlu kuras juga kotoran mengendap dikarenakan tidak terdapat water pump hanya mengandalkan oksigen dari tanaman yang saya tanam sendiri dari benih.

akuarium ruang tamu

akuarium lantai atas

Setelah bersih semuanya sempat terpikirkan untuk foto-foto detailnya, mungkin lain kali kesempatan di bulan depan jika tanamannya sudah tinggi menjulang kembali, tetap pantau ya!


Share:

6 comments:

  1. Baiklah, saya meninggalkan jejak.

    ReplyDelete
  2. Itu perlu diganti airnya? Bukankah ada sistem air daur ulang yg pake filter berlapis-lapis??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya memang perlu karena artificial, inipun sudah pakai filter undergravel dan ekosistem tumbuhan sudah terbentuk

      Delete

Paling banyak dilihat

Markah

Asus (59) android (46) FAQ (4) Cisco (3) OpenWRT (2) Backup (1) LUCI (1)

Markah

Arsip

Terkini