My Personal Interest

Monitor Statistik Usage di OpenWRT dengan VNSTAT

Terkadang kita tidak sadar bahwa penggunaan data sangatlah besar terutama di mobile device (smartphone), nah kali ini saya ingin mengetahui seberapa besar penggunaan data harian, mingguan bahkan bulanan dari device pintar namun menggunakan koneksi tv kabel di rumah yang dijual dengan paket internet dari provider internet kenamaan yang berkantor pusat di BeritaSatu Plaza. 

Setelah melakukan riset sehari suntuk dari beberapa yang dapat di implementasikan di OpenWRT WDR4300 dirumah akhirnya dijatuhkan pada VNSTAT yang menyediakan core aplikasi maupun antarmuka luci GUI . Proses instalasi cukup mudah tinggal update repo dan cari paketnya dan tinggal klik paket yang dibutuhkan, yang saya install di WDR4300 dengan GoldenORB firmware adalah;
  • vnstat
  • vnstati
  • luci-app-vnstat
  • jangan lupa untuk memasukkan dalam proses dengan perintah "/etc/init.d/vnstat enable" dan "/etc/init.d/vnstat start"
  • done!
 Jika dengan console cukup dengan perintah
  1. opkg update
  2. opkg install vnstat vnstati luci-app-vnstat
  3. /etc/init.d/vnstat enable
  4. /etc/init.d/vnstat start
  5. done!
Hasil dari instalasi diatas dapat dilihat pada gambar dibawah ini, have fun!

 Pada gambar diatas saya juga memindahkan databasenya ke USB thumb drive agar proses write ke flash dapat berkurang dan memperpanjang umur router (pastikan anda sudah mount USBnya atau vnstat tidak akan bekerja). Caranya dengan mengubah lokasi databasenya, file confignya berada di /etc/vnstat.conf cari baris berikut

# location of the database directory
DatabaseDir /var/lib/vnstat
rubah menjadi
# location of the database directory
DatabaseDir /lokasi_mount_USB_drive
Perlu diingat ketika mengubah file config ini stop prosesnya dengan perintah /etc/init.d/vnstat stop lalu rubah file config diatas, save dan tutup filenya dan start kembali prosesnya dengan perintah /etc/init.d/vnstat start.

Semua  proses instalasi dapat dilakukan dari smartphone dengan menggunakan JuiceSSH, mudah simpel dan sambil selonjoran dikursi malas.
Share:

No comments:

Post a Comment

Paling banyak dilihat

Markah

Asus (65) android (47) FAQ (4) Cisco (3) OpenWRT (2) Backup (1) LUCI (1)

Markah

Arsip