My Personal Interest

[Review] Asus Zenpad 7, tablet quad-core hemat energi Intel dengan dts-HD audio cover


Kali ini kami kedatangan unit tablet dari Asus dengan kode Z370CG atau Asus Zenpad 7. Berbeda dengan seri Zenpad yang pertama dengan kode C yang secara resmi dirilis lebih awal di India, Zenpad 7 yang baru secara resmi dirilis pada bulan Oktober 2015 dalam acara Asus ZenFestival 2015. Seperti tablet pada umumnya Asus Zenpad 7 ini mempunyai lebar layar gorilla glass 7’ dengan resolusi 800 x 1280p (216 ppi), ditenagai oleh processor quad-core hemat energy Intel Atom x3-C3230 64bit. Jika diteliti lebih lanjut berdasarkan brosur produk processor Intel x3-C3000 series yang baru ini lebih ditujukan untuk entri level tablet, phablet dan smartphone untuk menunjang konektivitas 3G ataupun 4G LTE. Sebenarnya terdapat 3 varian dari Zenpad yaitu; Zenpad 7 (Z370xx), Zenpad 8 (Z380xx) dan Zenpad 7C (Z170xx), namun kali ini kita akan membahas keunggulan Asus Zenpad 7 (Z370CG) yang mempunyai konektivitas 3G dan wifi B/G/N. 

Paket Pembelian, Design dan Fitur


Pada box Asus Zenpad 7 terdapat logo distributor TAM dan didalam box besarnya rupanya terdapat 2 box setengah tebal dari box pertama yang berisi unit Zenpad 7 beserta kabel, adaptor, manual dan kartu garansi lalu box yang kedua berisi unit audio cover dts-HD beserta dongle charge unit dan manual penggunaan. Unit yang kami miliki berwarna putih dan sepadan juga dengan audio covernya yang berwarna putih, Terus terang selama kami me-review tablet baru Asus yang mengemas tablet dan cover dalam satu box yang covernya juga terdapat baterai tersendiri (dapat di charge secara independent melalui dongle) dan Sonic Master speaker dengan fitur premium dts-HD. Cover bagian luarnya memiliki design unik yang menyerupai finishing kulit sehingga menampilkan kesan mewah dan elegan bagi pemiliknya, saat kami membawa berkeliling banyak rekan yang berdecak kagum hanya dari kemewahan covernya. Dijamin jika membawa tablet ini penampilan anda akan tetap bergaya dan matching dengan gaya fashion cosmopolitan. 



Asus Zenpad 7 dilengkapi dengan kamera 5MP (belakang) dan 2 MP (depan) dengan OS Android Lolipop (5.0.2), tombol navigasi volume hanya terdapat di sisi kanan bersebelahan dengan tombol power. Port usb charger terdapat di bawah dan port audio terdapat pada sisi atas. Tombol virtual terdapat pada bagian bawah persis diatas logo ASUS, namun tombol ini akan otomatis tersembunyi jika anda berada dalam aplikasi, untuk menampilkannya kembali cukup tap pada layar dan tombol virtual akan slide dari bawah layar baik dalam posisi apapun (landscape/portrait). Pada bagian grafisnya diperkuat oleh GPU Mali-450 dengan 2GB ram serta 16GB storage internal, tidak lupa juga terdapat slot micro sd (support 128GB) dan disebelahnya terdapat slot micro simcard.

Testing & Benchmark

Terus terang saat pertama kali kami melihat unitnya dan speaker yang terdapat pada covernya agak pesimis dengan kualitas suaranya, namun begitu kami mencoba sendiri dari video sample yang terdapat dalam unitnya baru kami dapat merasakan kualitas audio covernya, videonya bisa dilihat langsung dari link https://youtu.be/ZZ-KwxnRxPg dan https://youtu.be/z2Tfw9JaULY . Streaming hanya menggunakan kartu koneksi 3G dan tanpa save offline, kebetulan koneksinya sedang bagus sehingga tidak mengalami buffering, karena keterbatasan alat rekam jika disaksikan dari video tersebut kualitasnya berbeda dari aslinya yang jauh lebih baik. Sebaiknya kunjungi pameran atau gerai ponsel favorit anda untuk mendengarkan langsung kualitas audio dts-HD nya. Sebagai informasi tambahan ketika streaming online dengan 3G lebih boros daya dibanding dengan menggunakan koneksi wifi.

CPU-Z (1.17), software ini membaca spesifikasi dari Zenpad 7






Quadrant Standard (2.1.1), software ini mengkalkulasi CPU, I/O and 3D graphics benchmark dan dijadikan dalam satu index point.

Nena Mark2 (2.4), software ini melakukan testing kemampuan GPU dengan engine OPENGL 2.0 dengan tingkat kompleks yang lebih tinggi dari versi 1 dan mendukung resolusi yang lebih tinggi.

Passmark Performance Test Mobile (1.0.4000), pioneer di bench software PC kali ini tersedia pada perangkat android. Benchmark sintetik pada CPU, Disk, Memory, grafis 2D dan 3D.



Kesimpulan
Secara keseluruhan tablet ini mengedepankan fitur processor quad-core hemat energy dari Intel dan audio cover dengan kualitas premium dts-HD. Untuk unit yang kami miliki hanya mempunyai kamera resolusi standar layaknya tablet pada umumnya, namun dengan kejernihan layar ditunjang dengan suara yang mumpuni menjadikan tablet ini sebagai tablet hiburan serta kegiatan all around berkat fitur sim cardnya.
Share:

No comments:

Post a Comment

Paling banyak dilihat

Markah

Asus (65) android (47) FAQ (4) Cisco (3) OpenWRT (2) Backup (1) LUCI (1)

Markah

Arsip