My Personal Interest

[Review] Asus ZenFone 5 Review - Design & ZenUI


Kali ini saya mendapat kesempatan untuk me-review produk terbaru dari Asus yaitu ZenFone 5, produk ini telah lama ditunggu oleh pecinta gadget tanah air dikarenakan dengan fitur dan spesifikasi mewah namun harga tetap merakyat dan pas untuk gadget enthusiast. Asus sendiri pada launching ZenFone series langsung melepaskan 3 tipe sekaligus yaitu ZenFone 4, 5 dan 6 dan semuanya mempunyai segmen tersendiri sesuai dengan fitur yang diusungnya plus berbagai macam variasi warna yang dapat anda sesuaikan dengan selera. Seluruh model ZenFone dilengkapi dengan ZenUI, antarmuka terbaru yang memberikan 1.000 fitur tambahan sehingga pengguna dapat menggunakan perangkat mobile ASUS secara lebih lancar dan menyenangkan. Ditenagai oleh Intel Atom Z2580 (1.6 Ghz), 1 GB Ram dan Android 4.3 (upgradeable to 4.4) menjadikan ZenFone ini sangat responsif dan uptodate dikelasnya.

Gambar: Paket ZenFone 5.

Design

ZenFone memiliki design detil yang sempurna, lekukan kurva pada ZenFone sangat ideal jika digenggam dalam posisi vertikal maupun horizontal singkatnya ergonomis, mempunyai dimesi 148.2 x 72.8 x 5.5-10.3 serta dengan bobot hanya 145 gram menjadikan smartphone ini premium, ringan dan tipis ketika digunakan. Pada bagian layar menggunakan Gorilla Glass 3 (GG3) ditambah lagi dengan lapisan anti bercak, noda maupun air yang belum pernah saya rasakan di smartphone lainnya. Sebagai perbandingan pada GG3 ini mempunyai NDR (Native Damage Resistant) hingga 3x lebih kuat dari seri sebelumnya yang mana sudah tentu lebih baik daripada kaca film atau antigores pada umumnya di pasaran, hematnya anda tidak perlu menggunakan anti gores tambahan pada ZenFone.

Pada bagian layarnya dilengkapi teknologi layar sentuh Direct Bonding yang mengurangi jarak antara layar sentuh dan panel LCD hingga nol, sehingga memberikan kejelasan warna, saturasi dan kecerahan layar LCD terbaik.


Pada bezel depan dibawah tombol soft key anda bisa menemukan grafir oval yang memantulkan pelangi jika terkena cahaya matahari, sungguh design yang memukau dan premium. Bezel depan ZenFone terbuat dari logam konsentris melingkar yang mengikuti karakter desain ASUS Zen. Sekitar sudut bezel itu dipoles dengan presisi pada 0.13 mm, dengan sentuhan seperti permata yang menggunakan teknologi pengoperasion CNC (Computer Numeric Control) dengan sudut 45° yang diproses secara pasivasi elektrolit sebanyak lebih dari tujuh kali untuk menghasilkan kilau metalik yang sempurna. Desain ini membuat ZenFone terlihat dan dirasakan lebih elegan. Dan disisi bawahnya anda dapat menemukan port USB yang berfungsi untuk mengisi baterai maupun bertukar data dengan komputer/laptop.
Gambar: bezel depan.

Bagian samping kanan terdapat tombol volume dan power, designnya sangat minimalis dan jika diamati dengan seksama juga di grafir mirip seperti pada panel depan. Sedangkan bagian atasnya terdapat logo ASUS, speaker, kamera depan (2MP), LED notifikasi dan sensor proximity.
Gambar: Sisi kanan terdapat tombol volume dan power.

Dan pada bagian belakang terdapat kamera utama (8MP), lampu flash, logo ASUS, lubang speaker, logo Intel Inside dan ZenFone. Tekstur back cover ini mempunyai bahan seperti doff / karet namun lebih keras dan tidak mudah cepat kotor walaupun berwarna putih.
Gambar: lubang speaker, logo Intel dan ZenFone (kiri); kamera, lampu flash dan logo ASUS (kanan).

ZenUI

Zen berarti hidup dengan penuh kesadaran. Ini merupakan salah satu sikap, suata cara hidup yang berbeda yang dapat membawa kebahagiaan dan keseimbangan dalam hidup. Zenfone merupakan kombinasi yang sempurna antara teknologi dan gaya. ZenFone tidak hanya perangkat yang dapat membantu Anda dalam kesibukan, namun juga tahu apa yang Anda butuhkan, seperti mengungkapkan pikiran dan perasaan Anda, menghubungkan Anda lebih bebas untuk melakukan hal-hal penting dalam hidup Anda.

ZenUI -“ Lock Screen & Instant Camera

Pada lock screen kita dapat mengganti 3 shortcut aplikasi default (kamera, telpon, sms) menjadi aplikasi favorit anda, langsung saja kebagian setting > Lock Screen, disana kita dapat menemukan Quick access dan dapat mengganti defaultnya. Dan pada bagian ini juga kamera bisa langsung di aktifkan dalam keadaan lock (layar gelap) dengan hanya menekan tombol volume 2x secara berurutan.
 
Gambar: Lock Screen & Setting Lock Screen.

ZenUI - Notification Area

Setelah mendapatkan update firmware 20140420, area notifikasi mendapatkan update baru termasuk aplikasi flashlight yang cukup bermanfaat dikala waktu tertentu. Dan beberapa shortcut lainnya seperti Miracast, Glove Mode dan Reading Mode.

Gambar: Notification Area.

ZenUI - What'™s Next

Dalam What'™s Next semua kegiatan maupun notifikasi anda terangkum dalam aplikasi ini, mulai event penting, acara ulang tahun maupun yang lainnya. Fitur ini terintegrasi ke dalam ZenUI dan juga dengan lock screen dan home screen.

ZenUI - Easy Mode

Dengan fitur ini, memudahkan anda untuk yang pertama kali menggunakan smartphone android. Disediakan icon aplikasi yang besar dan jelas plus fitur untuk menambahkan aplikasi favorit kita, sehingga lebih nyaman saat digunakan.

Kesimpulan

ZenFone 5 merupakan produk yang menawarkan segudang fitur yang diidamkan oleh banyak orang namun dengan harga yang tetap terjangkau untuk pecinta gadget tanah air. Dengan moto In Search of Incredible kali ini Asus berhasil menyematkan teknologi terbaik untuk semua orang seperti yang diungkapkan oleh Chairman Asus Jonney Shih saat launching Asus ZenFone.
Share:

No comments:

Post a Comment

Paling banyak dilihat

Markah

Asus (65) android (47) FAQ (4) Cisco (3) OpenWRT (2) Backup (1) LUCI (1)

Markah

Arsip